MOZART EFFECT



Kita mungkin sering mendengar tentang efek dari musik mozart yang di katakan dapat membuat anak akan cerdas jika sering mendengarkan nya. Banyak pencarian di internet yang membahas bagaimana “luar biasanya” musik mozart pada otak anak, namun untuk hal ini masih banyak juga yang memperdebatkan kebenaran atas isu ini. Ungkapan tentang “efek mozart” pertama sekali terdengar pada tahun 1991, yang di terbitkan pada jurnal Nature yang mengatakan kepada publik bahwa dengan mendengarkan efek mozart dapat meningkatkan kecerdasan anak. Tentu masyarakat akan mudah menerima tentang ide ini.

 Akibat dari jurnal yang mengatakan tentang efek mozart, ribuan orang tua akhirnya mendengarkan musik ini kepada anak-anaknya dan tepatnya pada tahun 1998 seorang gubernur negara bagian Gergia di As, Zell Miller bahkan menyisihkan anggaran uang negara untuk menyediakan Cd musik klasik ini untuk di berikan kepada bayi yang baru lahir. “Melodi feel mozart tidak hanya dapat merangsang kecerdasan anak, namun sapi pun dapat menghasilkan susu yang lebih banyak jika terus menerus di perdengarkan efek mozart, kata Pskolog Sergio Della dalam buku nya “Mitos pikiran” setelah menganalisa langsung dari sebuah peternakan di Italia. Kita kembali ke permasalahan apakah benar musik mozart itu dapat mencerdaskan anak ?. Penulis yang berasal dari University of California yang meneliti tentang efek mozart yang di lakukan terhadap 36 siswa, mereka di berikan serangkaian tugas mental untuk diselesaikan. Dan sebelum menyelesaikan tugas mereka di perdengarkan musik klasik Mozart sekitar 10 menit. Hasilnya menurut peneliti mengklaim para siswa yang mendengarkan musik mozart lebih dapat menyelesaikan tugas nya dengan baik dalam waktu yang singkat dimana mereka harus menebak bagaimana kertas yang sebelumnya sudah di potong bagian dalam nya dan kemudian di lipat dan mereka harus memprediksi apa yang akan muncul dari hasil lipatan.

 Tapi dalam penelitian ini ada sedikit pertanyaan bagiamana dengan waktu hanya 10 menit mendengarkan musik mozart dapat membuat siswa cerdas seketika? Rangsangan otak Pun demikian, banyak orang mulai berteori tentang bagaimana efek mozart ini? Penelitian lebih lanjut pun di lakukan, dan penelitian lebih mendalam dari 16 penelitian yang berbeda mengaskan bahwa mendengarkan musik mozart sebenarnya tidak memiliki efek yang seperti banyak orang katakan dapat Mencerdaskan. Puncak nya pada tahun 2010 kemudian muncullah pemikiran bahwa mendengarkan musik Mozart tidak lah begitu istimewa setelah dilakukan penelitian oleh banyak ahli, intinya musik mozart tidak jauh beda dengan musik biasa lain nya.Namun ini untuk penelitian orang dewasa di mana perkembangan otak dari orang dewasa berbeda dengan anak-anak.

 Lantas bagaimana dengan anak-anak? Pada tahun 2006, di lakukan studi besar-besaran yang melibatkan 8000 anak. Mereka di perdengarkan musik mozart selama sepuluh menit, mereka melakukan perbandingan antara musik Quintet String Mozart D major, dengan lagu pop “country House: dan “return of the mack” karya Mark Marrison dan PJ kemudian musik dari Duncan berjudul “Stepping Stone”. Hasil dari penelitian tersebut anak-anak yang di berikan tugas mental dengan musik mozart melakukan hal yang baik, akan tetapi anak-anak dengan efek dari musik pop melakukan hal yang lebih baik lagi Kesimpulan dari penelitian adalah sebenarnya semua musik itu sama, namun lebih kepada bagaimana gairah di saat mendengarkan musik tersebut yang memicu pikiran akan sedikit lebih aktif. Memain kan alat musik memang lebih memberikan efek yang positif terhadap otak daripada harus mendengarkan musik seharian dari kepingan CD.

 Jessica Grahn, seorang ilmuwan kognitif di Western University di London, Ontario mengatakan bahwa dengan les piano dan dikombinasikan dengan latihan yang teratur dapat meningkatkan IQ dengan sebanyak tiga poin . Jadi mendegaran Mozart itu sebenarnya tidak terlalu berpengaruh pada otak.

 Diambil dari : http://www.tryneble.com/2013/01/benarkah-efek-mozart-dapat-meningkatkan.html

oleh : Ngatemin Rosok
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Catatan Terbuang - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger