Musim Kampanye, Cuti dan Balas Jasa


Jika semua memiliki alasan dan tanggung jawab terhadap asal muasal mereka menjadi pejabat begini jadinya, semua ramai-ramai mengajukan cuti. Tidak ada larangan dalam melaksanakan cuti selagi masih sesuai dengan aturan yang berlaku. Akan tetapi jika pelaksanaannya bersamaan menjadi terkesan latah dan ikut-ikutan trend. Semua ingin membela partainya masing-masing, demi mengangkat citra sekelompok orang dengan sedikit melupakan apa yang disebut tanggungjawab. Bukan sebuah tanggungjawab terhadap negara sesaat saja yang harus dikedepankan, sebuah tanggungjawab terhadap masa depan bangsa seharusnya lebih diutamakan tidak hanya mementingkan sebuah pemenangan dalam Pemilu. 

Jika masyarakat hanya terpaku pada sosok tokoh dari partai tertentu, lantas bagaimana dengan kader penerusnya. Mempersiapkan generasi penerus yang sesuai dengan konsep pemikiran bersama demi bangsa dan negara apa tidak jauh lebih penting?. Pengkultusan terhadap satu tokoh seakan-akan menjadi budaya di negeri ini, sehingga jika tokoh yang di kultuskan menjabat di pemerintahan mau tidak mau memaksakan diri berkampanye demi segolongan orang yang telah berjasa mengantarkan dia pada posisi di pemerintahan itu. Karena jika tidak demikian akan di katakan kurang merakyat, tidak dekat dengan masyarakat, atau apalah.... Lho kenapa kok harus sekarang jika mau dekat dengan rakyat, kenapa tidak dari dulu-dulu?.. Apakah mereka terlalu banyak makan makanan yang serba instan sehingga memiliki pemikiran dan tindakan yang serba instan?..

Apakah mendampingi kader penerus memang menjadi tugas kader yang sudah mapan demi terangkatnya kader yang belum mapan? Kalau memang ya mengapa tidak disiapkan sedini mungkin, kalau tidak kenapa kok berjamaah? Ataukah masyarakat sendiri yang kurang peka sehingga dengan pencitraan sesaat membuat terbuai dengan kharisma tokoh yang bersedia "turun jalan" yang toh pada akhirnya mereka akan kembali menduduki tahtanya untuk mempersiapkan serangkaian permainan yang menghibur sampai tiba saatnya beberapa tahun lagi untuk mengulang hal yang sama oleh dirinya sendiri atau orang yang menggantikannya sama persis seperti pertunjukan yang sudah sudah. Selamat melaksanakan cuti bersama.... 

sumber gambar : Harian KOMPAS artikel Klik Disini
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Catatan Terbuang - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger